Sungai Kecil Depan Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri

Sungai Kecil Depan Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri



Mudik lebaran 2012 kemarin aku menempuh perjalanan yang luar biasa. Kami (aku, istri dan bidadari kecilku, Malika) kami bertiga dari Solo menuju ke Kediri melalui jalur Karanganyar - Tawangmangu - Sarangan - Magetan. Kami sengaja tidak lewat jalur utara, Sragen - Ngawi - Caruban. Kini jalur gunung itu sudah nyaman. Jalan sudah diperluaslebar. Beberapa turunan dan tanjakan yang curam sudah dilandaikan.

Pemandangan pegunungan dan udara dingin serta kabut yang turun menambah eksotisme perjalanan mudik kami. Kami istirahat, berhenti di sungai kecil. Malika bermain-main air jernih yang deras mengalir. Beberapa bebatuan kecil ia lempar-lempar. Kenanganku melambung ke masa silam saat masa kecil di Purwoasri.

Sungai kecil -- aku menyebutnya demikian, walaupun mungkin banyak orang yang menyebutnya sebagai selokan -- di depan Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri menyimpan kenangan masa lalu yang indah. Dulu sungai kecil itu banyak airnya. Mengalir deras ke arah utara hingga depan SDN Purwoasri 1. Sampai ke utara terus hingga ke depan rumah orang tuaku. Di Mbabatan.

Sebelum orang tuaku pindah dari Purwoasri ke Purwodadi (desa sebelah / Mbabatan), di Purwodadi beberapa rumah menjadikan sungai kecil itu sebagai toilet. Di Sungai kecil itulah aku dan teman-teman sering mancing bersama. Ada ikan sepat yang tidak mau dipancing. Ada ikan mujaer dan betik. Ada pula ikan kutuk yang sebagian orang menyebutnya dheng-dhengan. Ada pula anaknya kutuk yang sering disebut brijilan.

Kini sungai kecil samping jalan Raya itu sudah kering. Kalaupun ada airnya di musim penghujan, itupun airnya tidak mengalir deras. Lebih sering tergenang. Diam di tempat. Itu semua terjadi setelah ada bendungan di Gampengrejo. Daerah sebelah utara Gampengrejo menjadi surut air sungai Brantasnya. Surutnya air sungai Brantas menyebabkan tidak ada air mengalir deras lagi di samping jalan Raya. Termasuk di depan Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri. Dan juga di depan rumah orang tuaku.

Anda punya kenangan dengan sungai kecil itu?