Pak Toha Guru Bahasa Inggris MAN Purwoasri Kediri

Pak Toha Guru Bahasa Inggris MAN Purwoasri Kediri


Bagi alumni Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri tahun 80an dan 90an, tentu tak asing dengan wajah ini. Waktu itu... MAN dan MTSN Purwoasri masih di lingkungan Pondok. Beliau sering terlihat di sana karena beliau salah satu dari banyak guru di MAN Purwoasri.

Beliau adalah Bapak Toha. Lebih akrab dipanggil dengan Pak Toha. Sebagai guru bahasa Inggris beberapa santri Pondok Al Hikmah baik Putra dan juga Putri yang juga bersekolah di MAN Purwoasri waktu itu, banyak bercerita padaku tentang bagaimana cara beliau mengajar. Kata mereka, beliau orangnya sabar.

Aku adalah putra kedua beliau. Dulu sebelum pindah ke Purwodadi (desa di utara Purwoasri), kami tinggal di tanah milik KH Badrus Sholih Arif. Letaknya di barat jalan raya Purwoasri selatan Pondok Al Hikmah. Di rumah itu... belakang rumah mbah Somo sekarang telah berdiri Pondok Pesantren  yang diasuh oleh Abah Nasir, putra KH Badrus Sholih Arif. Bahkan rumah dan tanah mbah Somo kini telah dibeli oleh Abah Nasir dan jadi bagian dari perluasan pondok.

Kini beliau sudah pensiun dari MAN Purwoasri. Tapi masih diminta mengajar di tempat tersebut. Kalau anda sebagai muridnya kangen beliau, aku sebagai anaknya yang sekarang tinggal di Solo juga sangat kangen padanya. Alhamdulillah... ada media telephone yang bisa menghubungkan kami. Jika anda ingin terhubung dengan beliau ini nomornya 0354526456, sampaikan salam kangen dan bangga dariku, putra beliau di Solo, Muhammad.