Liburan Singkat di Purwoasri Kediri, Membelah buah Kelapa

Liburan Singkat di Purwoasri Kediri, Membelah buah Kelapa


Tak henti-hentinya aku mengagumi Purwoasri. Bila liburan tiba tak ada tempat seindah Purwoasri untuk dikunjungi. Purwoasri, dengan Pondok Pesantren Al Hikmah yang penuh kenangan. Wow... rasanya aku kembali ke sebuah tempat yang luar biasa.

Sabtu sore 30 Juni 2012 kami sampai di Purwodadi Purwoasri Kediri. Ini liburan panjang sekolah. Tapi aku akan merasakan liburan di desa terindah di dunia ini sangat singkat. Sebab Ahad 1 Juli malam aku harus segera ke Semarang untuk tugas pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Semarang.

Tak biasanya... dan munkin sudah cukup lama. Aku tak membelah buah kelapa. mengambil airnya yang segar dan daging kelapa mudanya yang lezat. Di Solo memang ada penjual es degan. Tapi tidak ada sensasinya. Yang belah dan ambil airnya bukan saya sendiri. Tapi di kesempatan liburan ini... ada yang lain. Bendone rodho kethul.

Tapi sayang... buah kelapanya sudah terlalu tua dikit. Akhirnya degannya bukan dikerok tapi dicongkel. Dulu aku pernah melakukan ini. waktu masak bareng anak-anak santri pondok pesantren Al Hikmah di dapur putra di utara pondok putra. Kenangan melihat dan terlibat masak bersama dengan para santri... mengasyikkan.