Dunia Teknologi di Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri

Dunia Teknologi di Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri


Alhamdulillah... lebaran kemarin, Agustus 2012, aku sekeluarga mudik ke kampung halaman. Tiap kali mudik... inilah tempat yang terus membawaku ke kenangan masa kecil yang menyenangkan. Kenangan itu terus menggelitik tiap kali aku singgah di tempat-tempat bersejarah bagi hidup dan kehidupanku. Termasuk Pondok Pesantren Alhikmah Purwoasri Kediri. Salah satu Pondok Salaf di Jawa Timur yang terus berkembang.

Perkembangan di Pondok Pesantren Al Hikmah tidak hanya urusan fisik bangunan saja. Tetapi juga dalam hal keilmuan. Baik ilmu-ilmu agama Islam maupun teknologi modern. Salah satu yang menarik untuk saya ceritakan di sini adalah bahwa Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri Kediri telah memiliki warung internet (warnet) sendiri. 

Terletak di utara komplek pondok, Warnet Al Hikmah bersebelahan dengan Nick net nya mas Agus. "Kalau Warnet Al Hikmah, biasanya yang berkunjung kebanyakan santri-santri putri. Sedangkan di sini, Nick Net, lebih banyak santri putra yang mampir, walaupun santri putri juga ada. Malah sekarang makin rame, dengan adanya STAIBA. Para mahasiswa banyak yang cari informasi ke warnet." Demikian tutur mas Agus.

Warnet di Pondok Pesantren Al Hikmah Purwoasri menepis anggapan bahwa santri pondok pesantren salaf tidak hanya jago urusan kitab-kitab kuning dan hafalan Al Qur'an saja, tapi urusan teknologi... santri pondok pesantren jelas tidak ketinggalan.